Pengertian Internet

Posted on

Paydayloansusca.com – Siapa sih yang belum tahu Pengertian Internet? Sesuatu yang hampir tiap detik kita akses pakai smartphone dan laptop kita.

Pasti hampir semua kalangan mengetahui, sebab baik orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Iya, keknya sekarang nih internet udah sejajar sama sembako, alias sudah menjadi kebutuhan pokok. Ada lho orang yang rela nahan lapar hanya demi bermain internet.

Namun di sisi lain, ternyata banyak pula informasi mengenai internet yang ternyata belum banyak diketahui.

Bahkan kadang informasi tersebut sangat berguna untuk kita, tapi belum diketahui secara detail. Sehingga bisa dibilang kurang memaksimalkan dari fungsi internet itu sendiri.

Padahal jika kita bisa memaksimalkan fungsi internet, yakin bakal banyak aspek kehidupan kita yang bisa dikerjakan dengan mudah.

Yup, seperti yang terjadi sekarang ini hampir semua aktivitas kita bisa dilakukan secara online. Meski enggak semuanya sih, tapi banyak yang dimudahkan tentunya.

So, sepertinya penting sekali untuk tahu info-info tentang internet. Mulai dari dasar-dasar ilmunya, seperti manfaat, fasilitas dan fungsi dari internet itu sendiri!

Sudah berapa lamak kita menggunakan internet? Jangan-jangan kita belum benar-benar mengetahui arti, manfaat, dan dampak dari internet. Berikut ini akan diulas beberapa hal penting terkait dengan internet.

Apa Sih Pengertian Internet?

pengertian internet

Pengertian internet yaitu keseluruhan jaringan komputer yang terhubung melalui standar Sistem Global Transmission Control Protocol, yang bertugas untuk melayani seluruh pengguna di dunia.

Gambaran mudahnya seperti ini: semua unit komputer di seluruh dunia itu dihubungkan dengan suatu jaringan, semacam ada komunikasi antara komputer satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini yang berperan mentransmisikan semua data adalah IP.

Sedangkan kata internet itu sendiri memiliki makna: “Antara.” Kata ini berasal dari bahasa lain yaitu “Inter.”

Sudah banyak para ahli yang mendefinisikan internet. Salah satunya adalah Sibero, yang mendefinisikan internet sebagai suatu jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya secara global.

Bahkan Sibero ini juga menyebutnya sebagai jaringan alam karena saking luasnya. Sebab menjangkau seluruh dunia.

Pakar lain mendefinisikan pengertian internet sebagai sebuah media yang digunakan untuk membuat sebuah proses komunikasi menjadi lebih efisien.

Melalui sebuah aplikasi seperti web, VoIP, atau juga Email. Pengertian internet tersebut diungkapkan oleh Onno W. Purbo.

Ingat ya, sasaran pengguna internet ini bukan cuma lokalitas daerah tertentu saja, melainkan seluruh dunia. Sejauh daerah-daerah tersebut bisa ditembus jaringan internet.

Dengan adanya internet, perubahan demi perubahan terlihat dalam berbagai aspek kehidupan manusia. 

Internet pun telah melahirkan dunia baru yang berbeda dengan dunia nyata, dan sudah membuat generasi baru yakni generasi milenial.

Fasilitas Pada Internet

Enggak bisa dipungkiri bahwa adanya internet memberikan beberapa fasilitas kepada kita untuk menjalani aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah.

Bahkan sekarang banyak inovator-inovator yang mencoba membuat penemuan baru yang mampu memudahkan aktifitas di dunia nyata.

Enggak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti akan banyak aspek kehidupan kita yang bisa dipermudah menggunakan internet.

1. Email

Jika zaman dahulu kita menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak bisa kita jumpai, maka zaman sekarang kita bisa memakai fasilitas internet bernama email secara langsung.

Saat ini email dikenal juga sebagai surat elektronik, yang memang fungsinya bisa dibilang mengambil alih komunikasi melalui surat menyurat yang selama ini dilakukan dengan media kertas dan tulisan.

Hal tersebut dirasa memang jauh lebih praktis, dibanding harus mengirim surat yang memakan banyak waktu. Bahkan juga memakan biaya lebih banyak.

Tidak perlu susah-susah lagi datang ke kantor pos, dan menunggu balasan surat dalam waktu yang cukup lama.

Bahkan selain menggunakan teks, kita juga bisa melampirkan foto, video, maupun file di dalamnya.

2. World Wide Web

Biasa disingkat dengan WWW, kita pasti sering mendengar istilah dari fasilitas internet yang satu ini, bukan? Sebab sistem ini pun merupakan salah satu sistem internet, yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang sesuai.

Biasanya WWW ini akan terikat dengan HTML, yaitu alamat web yang hendak kita cari. Dengan mengetikkan alamat web tersebut, kita akan langsung dibawa ke halaman informasi yang ingin kita ketahui.

Jadi bisa disimpulkan bahwa WWW ini bukanlah sebagai keseluruhan internet, namun ia juga butuh HTML sebagai pengikat alamat dari WWW sendiri, serta file dokumen ber-extention.

Kemudian adapun HTTP yang berperan untuk pengiriman data spesifik, serta URL untuk menemukan hubungan dari hypertext!

3. Chatting

Jika di dunia nyata kita bisa bercakap-cakap dengan mudah, maka di dunia maya pun bisa pula mengobrol dengan lebih mudah. Nah selain WWW, chatting inilah salah satu fasilitas internet yang banyak pula dipakai masyarakat.

Dengan adanya Chatting, kalian akan lebih mudah berkomunikasi dengan yang lainnya. Entah diwaktu santai atau diwaktu mendesak.

Kemudian jika komputer kalian memiliki webcam, maka kalian pun bisa mengalihkan obrolan pengetikan dengan obrolan video, sangat canggih ya?

Semakin banyak penggunanya, semakin berkembang juga fasilitas chattingnya. Contohnya seperti aplikasi yang sering kita gunakan sekarang, yaitu Whatsapp, Kakao Talk, LINE, dan lain-lain.

Manfaat dan Fungsi Internet

Dari fasilitas-fasilitas yang bisa kita akses dari internet tersebut, tentu kita bisa merasakan manfaat dan fungsi dari internet tersebut.

Mungkin saja antara satu orang dengan orang lainnya berbeda, tapi secara keseluruhan ada beberapa poin manfaat yang bisa kita rasakan dari internet.

Berkomunikasi menjadi lebih mudah

Dengan adanya internet, memudahkan kita berinteraksi dengan orang lain. Bahkan orang yang kita ajak komunikasi ini, bisa sampai luar negeri, bahkan seluruh dunia. Dengan begitu kita akan semakin banyak teman dan relasi baru.

Apalagi sekarang ada beberapa aplikasi yang bisa menambah pertemanan kita dengan siapa saja. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya yang merupakan salah satu fungsi dan manfaat internet.

Memperluas Informasi

Dengan mudah kita dapat mengakses internet kapan pun, serta informasi baru di seluruh dunia. Semakin kita banyak mengakses, semakin banyak informasi yang kita dapatkan.

Apalagi untuk mahasiswa atau pelajar, kalian bisa mengakses apa saja yang berkaitan dengan pelajaran.

Seperti artikel ini, juga merupakan salah satu informasi untuk kalian. Bahkan internet juga dapat menjadi media untuk belajar, terutama di masa pandemic sekarang yang mengharuskan kita untuk sering di rumah aja. Jadi memperluas informasi adalah fungsi internet yang sangat terlihat.

Bisa Belanja Melalui Internet

Bukan hanya untuk informasi dan chatting, bahkan internet juga dapat memudahkan kita untuk berbelanja. Ada beberapa aplikasi online shopping yang bisa kita gunakan. Dengan adanya aplikasi itu, kita tidak perlu keluar rumah mencari barang yang hendak kita beli.

Karena hanya duduk manis di rumah, maka barang bisa sampai dengan sendirinya. Dalam keadaan kamu sibuk pun, juga bisa meyempatkan untuk membeli barang di online shop. Manfaat internet yang satu ini sangat menguntungkan kita, bukan?

Mudah Mencari Lowongan Kerja

Informasi tentang lowongan pekerjaan. juga bisa kita dapatkan dengan mudah. Biasanya dijaman sekarang perusahaan akan mengiklankan lokernya di media online. Seperti aplikasi Facebook, Instagram, dan lainnya.

Atau adapun web khusus pencari kerja, baik freelance maupun pekerjaan tetap. Jadi kita tidak perlu keliling mencari loker lagi, kita hanya cukup menatap ponsel dan mencari loker yang cocok untuk kita.

Lihat Juga Artikel Lainnya :

Itulah beberapa informasi tentang pengertian internet beserta fasilitas dan manfaatnya, yang bisa menambah wawasan kita dalam mengetahui secara luas.

Sehingga tidak hanya memakai saja, namun kita bisa tahu secara detail apa saja bagian-bagian dan manfaat internet secara maksimal!