Dampak Positif dan Negatif Internet

Posted on

Paydayloansusca.com – Sering banget saya lihat orang-orang begitu asyik dengan internet. Bahkan hampir setiap saat di mana pun gawai mereka terkoneksi dengan internet. Parahnya lagi, hampir semua kalangan terpapar dengan internet. Mulai dari balita, hingga manula. Apakah mereka tahu dampak positif dan negatif internet?

Memang secara nyata, internet ini punya banyak manfaat, tapi juga di sisi lain ada dampak negatifnya.

Iya, internet kini tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, sebab hampir semua kalangan dapat menikmati dampak internet.

Jika internet tiba-tiba menghilang, maka tidak sedikit juga yang akan stress dan merasa kehilangan kesenangan, atau aktivitas yang bergantung pada internet.

Saya akui secara pribadi, saya pun butuh internet. Untuk menjalankan aktivitas pekerjaan, freelance, juga untuk mendapatkan hiburan.

Bahkan setiap saat keluarga saya butuh internet untuk bisa saling terhubung dalam komunikasi yang baik.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, internet kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap penggunanya.

Namun, internet juga memiliki dampak positif dan negatif, sehingga kita pun harus cermat dalam memakainya sehari-hari.

Akan lebih bijak kalau kita memahami apa sih dampak positif dan negatif internet dalam kehidupan kita.

Dampak Positif Internet Bagi Kehidupan

Dampak Positif dan Negatif Internet

Kalau suruh nyebutin dampak positif internet bagi kehidupan kita, mungkin kita bisa menyebutkan dengan cepat. Bahkan tanpa harus berpikir panjang.

Karena memang sehari-hari kita sudah merasakannya, atau minimal menyaksikan orang-orang di sekitar kita menggunakannya.

Berbeda kasusnya kalau kita adalah orang-orang yang jarang mengakses internet. Misalnya tinggal di daerah pedalaman yang memenag enggak ada jaringan internet, maka akan sulit menjawabnya.

Dari pengalaman sebagai pengguna internet, setidaknya saya mencatat ada beberapa dampak positif yang bisa dituliskan di sini.

1. Mempermudah Sistem Pembayaran

Berkat internet, membayar sesuatu barang atau jasa kini enggak perlu repot. Sehingga dampak postif internet yang pertama, yakni mempermudah sistem pembayaran.

Kita bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan pun. Sebab kini tersedia E-banking dan berbagai aplikasi smartphone lain yang dapat menjadi perantara, untuk melakukan pembayaran online.

Dengan menggunakan sistem pembayaran online, maka membuat hidup kita jadi lebih praktis. Hal ini sangat menguntungkan bagi kitaa yang merasa sibuk dengan pekerjaan dan enggak memiliki banyak waktu luang.

Apalagi bagi para pebisnis online yang memang lebih sering melakukan transaksi via online.

2. Media Hiburan Tanpa Terbatas

Dampak positif internet kedua, yakni sebagai media hiburan. Hal ini tentunya mempengaruhi sebagian besar populasi penduduk bumi.

Banyak aplikasi yang dapat didownload di smarphone yang berisikan berbagai macam hiburan seperti film, music, game, dan yang lainnya.

Semua itu dapat digunakan kapan pun, asal kita memiliki internet. Hiburan yang disajikan juga bisa diakses di berbagai negara, sehingga tidak akan membosankan.

Internet bisa menjadi hiburan tanpa batas kalau memang kita punya perangkat dan jaringan internet untuk mengakses hiburan tersebut.

3. Akses Informasi dan Komunikasi

Berbagai macam informasi tersedia di internet. Informasi tersebut dapat berupa artikel atau video. Bahkan tidak hanya info yang sedang viral saja yang dapat diakses, melainkan informasi yang sulit dicari pun juga tersedia.

Saat ini juga hampir sebagian besar komunikasi dilakukan dengan internet. Seperti penggunaan aplikasi yang dipasang di smartphone atau laptop.

Melalui jaringan internet tersebut kita bisa mengakses informasi dan juga melakukan komunikasi dengan pengguna internet lainnya.

Ini jelas sangat bermanfaat dibandingkan harus bertemu dengan seseorang ketika hendak berkomunikasi atau mendapatkan informasi dari mereka. 

4. Media Eskpresi Diri

Zaman sekarang, orang cenderung lebih mudah menjadi terkenal berkat internet. Tinggal bikin konten yang menarik, lalu publish.

Bisa melalui media sosial, atau media lainnya di internet. Maka, ketika apa yang kita posting tersebut viral, kita bisa jadi terkenal.

Hal ini pun dapat mendukung orang-orang yang memiliki bakat lebih. Sehingga dampak positif dari internet ini memang worth it, sebagai media mengekspresikan diri.

Seperti menyanyi, menari, ber make up, dan lain-lain. Kini internet penuh dengan orang-orang yang memiliki bakat-bakat tersebut.

Selain itu internet juga dapat dijadikan media curhat oleh penggunanya, tapi tentu jika berlebihan dalam hal ini bisa timbul dampak buruk juga.

5. Media Bisnis

Kalau melihat fenomena saat ini, sepertinya arahnya akan banyak pebisnis yang memanfaatkan internet untuk cari duit.

Apalagi setelah datangnya masa pandemi covid-19 yang mengharuskan orang-orang mengurangi aktivitas di luar rumah.

Ada banyak sektor aktivitas bisnis yang akhirnya diupayakan pindah ke online.

Di sinilah peran internet sebagai media bisnis bisa dimaksimalkan.

Selain kita bisa membeli barang secara online, kita pun juga dapat menjual barang online. 

Sehingga kita tidak perlu ke mana-mana. Cukup diam di rumah saja, dan upload barang-barang yang hendak dijual.

Tunggu beberapa saat saja, dan postingan kita pun akan banyak yang melihat. Tidak sedikit juga orang yang tertarik dengan barang yang kita tawarkan, apabila memang memiliki kualitas bagus.

Di sini, kita pun bisa berpikir bagaimana menjualkan barang dengan menarik dan laris di pasaran. Sehingga internet dapat kita gunakan sebagai media mencari tambahan penghasilan sampingan.

Kita pun bisa mengendors orang-orang terkenal, bila memang sudah terkumpul banyak modal.

Dampak Negatif Internet

Enggak bisa dimungkiri bahwa, selain memberikan dampak positif, internet juga menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan kita.

Tentu saja jika kita menggunakannya tanpa batas yang wajar, atau sengaja untuk tujuan yang merugikan orang lain.

Mengenai hal ini memang sebaiknya masing-masing dari kita bisa mengontrolnya. Karena sangat sulit bagi kita mengontrol aktivitas berinternet orang lain.

1. Berpotensi Membentuk Kriminal Jenis Baru

Dampak negatif internet yang pertama, yakni adanya potensi kejadian kriminalitas jenis baru yang memanfaatkan jaringan internet.

Banyak kasus penculikan juga berawal dari internet. Karena internet memudahkan seorang kriminal untuk memantau dan bersembunyi.

Terkadang seorang penculik juga sulit untuk dilacak karena mereka pintar menggunakan internet.

Karena memang kita bisa dengan mudah menyamar jadi siapa saja di internet. Bahkan ketika harus menjadi karakter orang yang jauh dari kpribadian kita yang sebenarnya.

Selain itu ada banyak kriminal lain. Seperti penipuan, prostitusi online, penjualan ilegal, penyebaran hoax, dan pelecehan nama baik.

Sebab itu tetaplah waspada, dan selalu bijak dalam berinternet.

2. Akses Informasi yang Enggak Bermanfaat

Karena terlalu banyak informasi yang disajikan, tidak sedikit juga yang salah dalam penggunaanya.

Misalnya saja ketika seorang anak bisa dengan mudah mengakses informasi yang seharusnya dia konsumsi, seperti situs dewasa, game untuk orang dewasa, konten video yang bukan untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Tidak seperti televisi yang memiliki batas usia dan lembaga sensor. Internet tidak dibatasi sehingga usia berapa pun dapat membukanya.

Oleh karena itu, bagi para orangtua pun harus lebih berhati-hati dalam mengenalkan internet pada anak.

Sebab orangtualah yang dapat membantu anak mereka, untuk membatasi internet. Kalau perlu ajarkan mereka edukasi melalui internet, dan cara belajar yang bermanfaat.

3. Kredibilitas Berita Online Menurun

Selain menikmati informasi, kita juga dapat membuat informasi. Namun, saking mudahnya membuat informasi, tidak jarang juga ada yang menyalah gunakannya.

Sebab semakin banyak orang membuat informasi, semakin banyak juga bermunculan berita hoax.

Karena itu banyak masyarakat yang tersesat dalam membaca berita-berita yang ada. Memang cukup sulit membedakan mana berita yang nyata dan mana yang hoax.

Oleh karena itu pemerintah mulai membuat Undang-Undang yang berkaitan dengan pembuat hoax, untuk menanggulangi salah satu dampak negatif internet ini.

4. Privasi Diabaikan

Menggunakan internet sewajarnya saja. Mengupload foto atau curhat pun sebaiknya di tempat yang tepat, maka janganlah sembarangan memajangnya untuk publik.

Sebab banyak orang yang dapat menyalahgunakannya. Menjadi privasi atau tidak pun, kita sendiri yang mengetahuinya.

Tidak hanya orang-orang yang kenal kita saja yang melihatnya, tetapi orang asing pun dapat melihat.

Apalagi para pelaku tindak kriminal. Jadi, jangan abaikan privasi ketika menggunakan internet dan batasi orang-orang yang melihatnya!

Lihat Juga Artikel Lainnya :

Itulah beberapa dapak baik dan buruk dari internet, semoga dengan mengetahuinya, kita pun bisa semakin bijak dalam memanfaatkan internet di berbagai aktivitas.